Penjelasan
Embodied interaction adalah penciptaan,
manipulasi melalui interaksi dengan melibatkan seluruh tubuh untuk memberikan input ke komputer
seperti gerakan tangan, mata dan bagian tubuh yang lain tanpa menggunakan mouse
atau keyboard, contohnya ada pada film Minority Report https://www.youtube.com/watch?v=7SFeCgoep1c .
Embodied interaction telah banyak
digunakan dalam ilmu teknologi seperti robotika, music, simulasi dan game.
Sejarah singkat
Konsep "Embodiment" yang paling
bisa diterima pemikiran nya dikembangkan oleh Maurice Merleau Ponty (1962).
Merleau-Ponty melihat pemikiran itu sebagai suatu proses aktif, dan satu hal
yang mungkin bisa dilakukan. Pemikiran tersebut diwujudkan dan dikembangkan di
pusat filosofi Merleau-Ponty.
Terdapat tiga hasil yang berbeda dari konsep
"Embodiment" dalam pekerjaannya.
Yang pertama adalah perwujudan fisik
dari subjek manusia dengan kaki dan tangan, dengan ukuran dan bentuk tertentu; (3D Virtual)
Yang kedua adalah seperangkat
keterampilan fisik dan tanggapan/ respon situasi; (Sensing
Affect)
Yang
ketiga adalah "keterampilan," kemampuan dan pemahaman responsif kita dari
dunia nyata yang tertanam dalam komputer. (Embodied
Interaction.
3D Virtual Reality)
Sumber: http://www.dourish.com/embodied/embodied99.pdf (english)
Penggunaan
Embodied Interaction:
Science /
Robotics / Medis / Militer
Kemajuan teknologi medis, perbaikan dan
pengembangan terus-menerus dilakukan. Sebagai
hasil dari penambahan nanoteknologi medis untuk pengetahuan dengan penggunaan
biologi molekuler dan seluler, teknik diagnostik menjadi lebih akurat dan lebih
cepat akan dibuat di masa depan.
Dokter mengontrol tindakan robot
medis melakukan tugas-tugas dengan akurasi tinggi yang tangan tidak pernah bisa
dicapai. Keberhasilan
operasi telah meningkat sangat pesat sejak diperkenalkannya robotika dalam ilmu
kedokteran.
Contoh Phantom
Limb
- Memerangi nyeri: tentara sekarang mungkin dapat memanfaatkan virtual reality untuk mengatasi nyeri dari kaki pasien/ korban yang diamputasi.
- Para ilmuwan di The University of Manchester menggunakan komputer grafis 3D untuk memerangi rasa sakit yang diderita oleh orang yang diamputasi.
- Akademisi dari Fakultas Ilmu Komputer dan Sekolah Ilmu Psikologi telah mengembangkan sistem realitas virtual, yang menciptakan ilusi bahwa anggota tubuh diamputasi seseorang masih ada.
Music
integrasi
musik diwujudkan ketika tubuh kita berkaitan dengan kegiatan musik. Ini
menganggap tubuh manusia sebagai mediator alami antara pikiran (fokus pada niat
musik dan Maknanya) dan lingkungan fisik (yang mengandung suara musik dan jenis
energi lainnya yang memberi tindakan manusia).
Contoh Portable digital drum kit
- Setelah 20 bulan dan menghabiskan 200 juta dolar, Perusahaan "Harmonic Music System" berhasil membuat dan merilis drum kit digital pada tahun 2006.
- Untuk menggunakan Drum ini, pengguna mengetuk banyak bantalan yang menggunakan teknologi untuk membuat ketukan drum yang berbeda sehingga menghasilkan suara yang dibuat oleh interaksi antara pengguna dan konsol. Teknologi ini memancarkan suara yang kurang asli ketimbang suara biasa yang dibuat oleh getaran dari beat drum yang nyata.
- Ringkas dalam ukuran sehingga mudah untuk dibawa bawa tidak seperti drum kit normal.
Gaming
Interaksi telah menjadi aspek besar dari dunia game. Orang
ingin secara fisik berpartisipasi dalam permainan, bukan hanya berpartisipasi
secara mental. Banyak game sekarang melibatkan tugas-tugas fisik yang dirancang
untuk menguji kemampuan Anda bukan hanya kapasitas mental. Teknologi saat ini
memungkinkan permainan untuk merekam gerakan Anda membuat game lebih dan lebih
realistis. Game sekarang dirancang untuk interaksi dengan beberapa orang ataupun
sendirian.
Contoh Nitendo Wii
- Nintendo mengembangkan konsol Nintendo Wii, yang berfokus pada bentuk baru interaksi pemain.
- Permainan melibatkan orang yang menggunakan fisik mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas game virtual.
- Permainan yang paling populer adalah Wii Sport. Pemain menggunakan remote nirkabel Wii untuk meniru tindakan dalam olahraga yang sebenarnya seperti bisbol tenis, bowling, golf, tinju dll. Aturan permainan sederhana sehingga produk keluarga ini bisa untuk segala usia.
- Pemain menggunakan remote Wii untuk mengendalikan tindakan karakter virtual. Tampilan pemain dalam display bergerak mirip dengan nyata.
0 comments:
Post a Comment